Motor Peninggalan PD II dilelang

Motor yang dinaiki oleh lebih dari dua penumpang sudah merupakan pemandangan biasa. Hal itu berbahaya, tapi tetap saja banyak orang yang melakukannya.

Padahal sebelum Perang Dunia II, ketika harga sebuah mobil jauh berada di luar jangkauan keluarga kebanyakan, motor memang telah menjadi angkutan pilihan.

Namun bagusnya dahulu sebuah motor yang dilengkapi dengan tempat duduk di samping (sidebox) pun jadi lebih aman dan menjadi pemandangan yang biasa.

Nah, tapi ada sebuah motor unik hasil kreasi seorang insinyur dari Ceko bernama Albin Liebisch yang memiliki filosofi yang berbeda dengan kebiasaan orang-orang di zamannya itu.

Karena bukannya membuat motor dengan tempat duduk di samping, Albin malah membuat motor yang lebih panjang dari motor 'biasa'.

Albin beranggapan dengan panjang yang tidak biasa ini, motor bernama Langtouren (Long Touring) yang dia
buatkan untuk pabrikan motor Bohmerland akan bisa menggangkut tiga penumpang dengan sama amannya.

Dengan sumbu roda yang berjarak lebih panjang dari motor biasa, Albin beranggapan motor ini lebih mudah dikendalikan bila dibandingkan dengan motor yang mengaplikasi tempat duduk samping.

Seperti dilansir gizmag, Jumat (19/2/2010) uniknya motor ini mengaplikasi dua buah gearbox. Gearbox pertama seperti motor konvensional lain, di gunakan oleh pengedara, dan gearbox kedua digunakan oleh penumpang untuk membantu pengendara mengganti gigi.

Dan hebatnya lagi Bohmerland Langtouren yang mengusung mesin 603 cc ini ternyata merupakan motor pertama di dunia yang mengaplikasi pelek palang alias casting
wheel untuk kedua rodanya.

Rencananya Bohmerland Langtouren lansiran tahun 1937 yang merupakan motor peninggalan PD II akan segera dilelang di balai lelang Bonhams pada 27 Februari mendatang. Kemungkinan motor ini akan laris terlelang hingga 35 ribu sampai 45 ribu poundsterling atau sekitar Rp 539 juta sampai Rp 693 juta.

Sumber : Detik.com

2 komentar:

Kami sangat menghargai kritikan/saran sahabat di blog ini. Apapun komentar anda akan kami balas dengan komentar di blog sahabat.